Entri Populer

Pengikut

Senin, 22 November 2010

contoh laporan auditor independen


LAPORAN AUDITOR INDEPENDEN


No.109/100/IRDN.0310

Yth. Dewan Komisaris dan Dewan Direksi
PT Jasa Raharja (Persero)


Kami telah mengaudit neraca konsolidasian PT Jasa Raharja (Persero) tanggal 31 Desember 2009 dan 2008,serta laporan laba rugi konsolidasian,laporan perubahan ekuitas konsolidasian dan laporan arus kas kosolidasian untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut. Kami juga melakukan pengujian atas kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan dan pengendalian intern. Laporan keuangan,kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan pengendalian intern adalah tanggung jawab manajemen perusahaan. Tanggung jawab kami terletak pada pernyataan pendapat atas laporan keuangan berdasarkan audit kami. Kami tidak mengaudit laporan keuangan PT Jasaraharja Putera,suatu anak perusahaan yang pada tahun 2009 sebesar 80% dan tahun 2008 sebesar 60% sahamnnya dimiliki oleh PT Jasa Raharja (Persero),yang laporan keuangannya mencerminkan masing-masing 13,59% dan 14,56% dari jumlah aset konsolidasian,dan masing-masing 5,52% dan 15,76% dari jumlah penghasilan bersih konsolidasian untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2009 dan 2008. Laporan keuangan tersebut diaudit oleh auditor lain dengan pendapat wajar tanpa pengecualian,yang laporannya telah diserahkan kepada kami,dan pandapat kami sepanjang berkaitan dengan jumlah-jumlah untuk PT Jasaraharja Putera didasarkan semata-mata atas laporan auditor independen lain tersebut.

Kami melaksanakan audit berdasarkan standar auditing yang ditetapkan Institut Akuntan Publik Indonesia dan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara yang diterbitkan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Standar tersebut mengharuskan kami merencanakan dan melaksanakan audit agar kami memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material. Suatu audit meliputi pemeriksaan,atas dasar pengujian,bukti-bukti yang mendukung jumlah-jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan konsolidasi. Audit juga meliputi penilaian atas prinsip akuntansi yang digunakan dan estimasi signifikan yang dibuat oleh manajemen,serta penilaian terhadap penyajian laporan keuangan konsolidasian secara keseluruhan. Kami yakin bahwa audit kami memberikan dasar memadai untuk menyatakan pendapat.

Menurut pendapat kami, berdasarkan audit kami dan laporan auditor independen lain yang kami sebut di atas,laporan keuangan konsolidasian yang kami sebut di atas menyajikan secara wajar,dalam semua hal yang material,posisi keuangan konsolidasian PT Jasa Raharja (Persero) dan anak perusahaan tanggal 31 Desember 2009 dan 2008,dan hasil usaha konsolidasian serta arus kas konsolidasian untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal tersebut sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.
Kepatuhan terhadap pengendalian intern kami seampaikan secara terpiasah kepada manajemen dengan laporan kami No. 209/004/IRDN. 0310 tanggal 19 Maret 2010




Dani Sudarsono
No. Izin Akuntan Publik:00.1.0728
Nn. Izin UsahaKAP:KEP-305/KM5/2005

Jakarta,19 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar